BENARKAH MAIN PIANO BISA MENINGKATKAN KECERDASAN ANAK

BENARKAH MAIN PIANO BISA MENINGKATKAN KECERDASAN ANAK

Di kalangan orang tua, ada anggapan yang tersebar bahwa important piano dapat meningkatkan inteligensi anak. Pandangan tersebut diterima dengan baik di kalangan orang tua, sehingga tak jarang kita menemukan orang tua yang bersemangat untuk mengikutsertakan anaknya dalam les piano. Namun, benarkah bermain piano dapat memengaruhi kecerdasan sang buah hati? Ini dia ulasannya.

Major Piano Merangsang Tingkat Konsentrasi dan Daya Ingat Anak

Piano adalah sebuah alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan pada tutsnya. Bilah-bilah pada alat musik tersebut menghasilkan nada yang berbeda-beda. Untuk memainkan melodi sebuah lagu, anak perlu memainkan jari-jarinya dengan cekatan dan cermat. Salah sedikit saja, maka susunan nada dapat bubrah. Ketika sedang important piano, sebenarnya anak sedang melakukan konsentrasi tingkat tinggi.

Bagaimana tidak? Si kecil akan berusaha melakukan banyak hal secara bersamaan, yaitu mengingat tuts mana yang harus ditekan, mengingat tuts selanjutnya, dan mengingat tempo atau kapan dia harus menekan tuts selanjutnya.

Si kecil serta harus berkonsentrasi supaya dia dapat menghasilkan melodi yang bagus untuk didengar. Konsentrasi, daya ingat, dan ketepatan gerak tangan merupakan tiga hal yang harus dikuasainya secara bersamaan.

Tak pelak lagi, aktivitas bermain alat musik piano dapat kita gunakan sebagai salah satu aktivitas positif yang meningkatkan kemampuan otak anak. sumber : www.sekolahan.co.id/

Major Piano Membuat Anak Memiliki Kepekaan yang Baik

Anak-anak yang sejak kecil telah diajari atau mahir memakai piano ternyata memiliki syaraf otak yang lebih baik. Ketika mereka sedang memakai alat musik tersebut, maka mereka sebenarnya sedang mengembangkan sistem responsnya. Dengan kata lain, anak yang mahir memakai piano dapat memiliki kepekaan yang lebih dari anak-anak yang tak dapat important piano.

Major Piano Dapat Membuat Anak Menjadi Kreatif

Anak-anak yang telah mahir memakai piano biasanya tertarik untuk menemukan nada-nada baru yang selaras. Ketika anak ingin menciptakan suatu susunan nada baru, maka di situlah kreativitasnya lahir.

Maka, biarkan saja ketika anak Anda telah mahir memakai piano tetapi malah menekan-nekan tuts piano dengan nada tak beraturan. Dapat saja dia sedang menjelajahi susunan nada untuk menemukan sesuatu yang baru.

Anak yang Mahir Memainkan Alat Musik Piano sejak Dini Memiliki Risiko Kerusakan Otak yang Lebih Kecil jika Dibandingkan dengan Anak yang Tak Dapat Memainkannya

Jika otak anak telah terlatih untuk berkonsentrasi dan mengingat susunan nada sejak kecil, maka anak tersebut dapat terhindar dari kerusakan otak. Kerusakan otak biasanya terjadi karena luka, penyakit, atau bahkan kebiasaan yang keliru. Beberapa sumber menyebutkan bahwa membiarkan otak tidak melakukan apa-apa ternyata dapat membuat kerja otak menurun. Jadi, sebaiknya latih anak Anda untuk berpikir per harinya, misal dengan mengajarkannya important alat musik seperti piano.

Anak yang Sejak Kecil Telah Mahir Major Piano Berpotensi Besar Menjadi Pemusik Andal

Tidak ada satu pun kesuksesan yang diraih dengan cara yang gampang, termasuk kesuksesan untuk menjadi seorang pemusik unggulan. Anak-anak yang sejak kecil telah terlatih untuk memakai alat musik piano dengan baik ternyata memiliki potensi yang bisa besar untuk menjadi pemusik hebat di usia mudanya. Hal ini tentunya dapat membanggakan orang tua, kerabat, dan kawan-kawannya.

Anak Dapat Bersosialisasi dengan Baik

Anak yang sejak kecil telah mahir bermain alat musik piano biasanya merupakan anak yang bisa percaya diri. Dengan kepercayaan diri inilah sang anak dapat mengembangkan kemampuan sosialisasinya. Selain itu, anak serta menjadi lebih terbuka dalam berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya.

Itulah hal yang dapat didapatkan jika anak important piano sedari kecil. Ternyata, bermain alat musik piano mendatangkan beragam hal yang positif, ya? Yuk, dukung tumbuh kembang anak dengan mengenalkannya pada alat-alat musik, termasuk piano. Sumber : www.pelajaran.co.id/