Cara Mencegah Munculnya Luka Baru pada Penderita Diabetes

Diabetes merupakan salah satu jenis luka yang disebabkan oleh kelebihan glukosa dan tidak bisa diolah oleh tubuh. Kebanyakan penyakit ini disebabkan oleh turunan tetapi tidak menutup kemungkinan juga karena gaya hidup yang buruk. Meskipun begitu, hidup sehat harus tetap dilakukan.

Sebagian perbuatan pencegahan luka pada penderita diabetes, mencakup:

Potong kuku Anda dengan hati-hati

Jikalau Anda menderita penyakit diabetes karenanya berhati-hatilah dalam memotong kuku, terutamanya bagi Anda yang telah dulu mengalami luka di kaki sebelumnya. Sistem memelihara luka diabetes ini bertujuan menghambat cedera yang kemungkinan dapat terjadi dikala Anda memotong kuku. Jika Anda kesusahan dalam memotong kuku, jangan sungkan untuk minta bantuan terhadap orang lain.

Rutin periksa kaki Anda tiap-tiap hari

Penderita diabetes umumnya akan mengalami mati rasa pada komponen kakinya. Sesudah berkegiatan ataupun memakai sepatu, sebaiknya senantiasa periksa kaki dan telapak kaki Anda. Hal ini dikerjakan guna jauhi luka kecil, kemerahan, dan sembab yang tak Anda sadari. Kecuali itu, biasakan juga untuk mencuci kaki dan lantas keringkan supaya kaki senantiasa dalam situasi bersih.

Kenakan alas kaki yang nyaman

Guna menghambat timbulnya luka pada kaki, Anda dianjurkan untuk senantiasa mengenakan alas kaki dikala berada di dalam maupun di luar ruangan. Kecuali itu, pilihlah alas kaki yang nyaman dan mempunyai bantalan untuk tumit. Hindari pula mengenakan alas kaki yang sangat ketat dan keras sebab cuma akan membikin kaki Anda terluka.

Jangan mengisap rokok

Jika Anda mempunyai riwayat penyakit diabetes, karenanya dianjurkan untuk stop mengisap rokok. Merokok membikin peredaran darah menjadi terkendala dan mengurangi jumlah oksigen ke segala tubuh. Alhasil, luka yang Anda miliki akan makin tambah parah dan pelaksanaan penyembuhannya malah menjadi lebih lambat.

Rutin periksa ke dokter

Jangan lupa untuk rutin memeriksakan kaki dan member tubuh lainnya ke dokter untuk memelihara luka diabetes. Dokter bisa memeriksa adanya pertanda-pertanda permulaan rusaknya syaraf, peredaran darah yang buruk, atau luka yang terinfeksi, sehingga penanganan permulaan bisa dikasih.

Suntik Insulin

Suntik insulin rutin juga bisa bermanfaat bagi para penderita diabetes, seperti yang dikutip dari prosehat bahwa suntik insulin penting bagi penderita diabetes tipe 2. Jadi maka dari itu kamu harus melakukannnya juga.

Jika terjadi luka baru maka pastikan panggil dokter perawat luka yang sudah tersedia dari berbagai layanan. Harganya murah dan sangat terjangkau, jangan sampai terlewatkan ya.