Manfaat dan Aturan Minum Daun Kelor ala GinanjarHerbal

Siapa sih yang tidak kenal dengan daun kelor? Kelor atau Moringa oleifera  merupakan tumbuhan yang cukup terkenal di Eropa dengan memanfaatkan daun kelor untuk menghasilkan produk-produk yang berkualitas, seperti obat, parfum hingga produk kecantikan. Dibalik cerita mistisnya yang dapat mengusir ilmu hitam dan hantu, ternyata daun kelor juga memiliki banyak manfaat lo apa saja kira-kira? Simak penjelasan berikut ya.

Apa Saja Manfaat dari Daun Kelor?

Penelitian tentang daun kelor sudah banyak dilakukan, terutama di bagian barat seperti Negara Amerika. Para ahli menelitia tanaman kelor mulai dari daun, batang, biji, hingga buah tanaman kelor. Hasil dari penelitian tersebut cukup mengagetkan, karena tanaman yang banyak ditemui ini ternyata memiliki berbagai manfaat bagi tubuh.

Hasil penelitian ini diakui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang sekaligus menganjurkan anak-anak dan bayi agar mengkonsumsi daun kelor. Anjuran tersebut didasar oleh fakta yang menyatakan bahwa daun kelor dapat mencegah gizi buruk dan meningkatkan kekebalan tubuh anak. Beberapa Negara, seperti Somalia, Etiopia, dan Sudan sudah menerapkan anjuran ini kepada anak-anak dan bayi mereka.

Kelor mengandung berbagai senyawa yang mendukung kesehatan tubuh. Senyawa tersebut terdiri dari antioksidan, protein, karotenoid, potassium, dan senyawa lain.  Senyawa –senyawa ini mampu menangkal radikal bebas serta menekan pertumbuhan sel kanker. Kandungan lain yang ada di kelor adalah vitamin A, C, dan E.  Vitamin A yang terdapat di kelor melebihi wortel dan tomat, bahkan dalam 100 gram daun kelor terdapat 3390 SI vitamin A. Sedangkan vitamin C dan E pada daun kelor dapat memperbaiki jaringan kulit wajah dan dapat membersihkan darah kotor.

Dalam berbagai jurnal penelitian menunjukkan bahwa daun kelor dapat memberikan efek anti-inflamasi dan hipointensif yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas monoamina otak. Selain itu, daun kelor juga dapat dijadikan sebagai obat kanker alami. Jenis kanker yang bisa diobati dengan daun kelor, seperti kanker payudara, kanker paru, dan kanker kulit.

Bagaimana Aturan Minum Daun Kelor yang Tepat?

Bentuk daun kelor
Bentuk daun kelor

Setelah kamu tahu khasiat dari daun kelor, pertanyaan selanjutnya bagaimana aturan minum daun kelor yang tepat? Selama ini banyak yang mengatakan bahwa mengkonsumsi daun kelor dapat dengan berbagai cara, ada yang dibuat the, dikonsumsi melalui kapsul, atau dibuat serbuka dan kemudian diseduh. Lalu bagaimana aturan yang tepat dalam meminum daun kelor? Menurut Ginanjarherbal adalah dengan dibuat sayur.

Minum sayur kelor paling cocok diterapkan dibandingkan dengan cara-cara lain untuk pengolahan daun kelor di atas. Hal ini dikarenakan daun kandungan vitamin daun kelor, terutama vitamin C dan E sangat rentan dengan suhu. Proses pemanasan daun kelor saat direbus akan menyebabkan berkurangnya kandungan vitamin larut air dalam kelor. Meskipun begitu, kandungan nutrisinya bukan berarti hilang secara keseluruhan. Namun, tetap kandungan nutrisi yang lengkap ada di daun kelor saat masih segar. Pertanyaannya tidak mungkin dong kita memakan daun kelor langsung dari pohon? Harus diolah pastinya, lalu bagaimana cara mengolah daun kelor yang baik?

Berikut di bawah ini adalah cara mengolah daun kelor  sebagai sayur yang tepat:

1. Petik duan kelor dari pohonnya, usahakan konsumsi daun kelor tidak lebih dari 4 jam setelah dipetik.

2. Rebuslah air bersama sayuran hingga mendidih, lalu matikan kompor.

3. Cuci daun kelor, kemudian masukkan daun kelor ke dalam panci dan aduk hingga merata

4. Tutup panci selama 5 menit agar daun kelor menyatu dengan sayur, lalu sajikan.

Meskipun daun kelor memiliki banyak manfaat, apalagi jika dibuat sayur. Namun dalam proses konsumsi usahakan tidak berlebihan dan secukupnya. Bukankah hal yang berlebihan itu tidak baik bukan? Hal ini dikarenakan untuk menghindarai efek samping mengkonsumsi secara berlebihan dari daun kelor, seperti gangguan fungsi ginjal, kerusakan liver, sakit perut hingga sembelit ringan, kegagalan sperma, mati rasa hingga kelumpuhan. So guys mulai sekarang konsumsilah daun kelor dengan pengolahan dan porsi yang pas ya!