Perjalanan Karir Monsta X, Grup dengan Segudang Bakat

Boyband bergenre Hip-Hop asal Korea Selatan bernama Monsta X dibentuk tahun 2015 pada acara kompetisi “No Mercy”. Anggota ini terdiri dari; Shownu sang leader/vokalis/dancer, Wonho sang vokalis/dancer, Minhyuk sang vokalis, Ki-Hyun Yoo sang vokalis, Hyungwon sang vokalis/dancer, Jooheon Lee sebagai rapper, dan I.M sebagai rapper.

Dalam acara “No Mercy”, grup ini membawakan lagu dari beberapa penyanyi terkenal seperti; Ariana Grande, Justin Timberlake, Jay Park, dan lain-lain. Mereka merilis lagu pertama mereka “0 (Young)” dan “Interstellar” saat masih mengikuti acara tersebut. EP pertama mereka saat debut “Trespass” dirilis tahun 2015 dan berhasil mencapai peringkat 5 di tangga lagu Korea.

Di tahun 2015, Monsta X juga tampil dalam KCON 2015 di Los Angeles, membuat penampilan pertama mereka di Amerika Serikat. Pada tahun yang sama, Monsta X menerima penghargaan di Mnet Asian Music Awards dengan kategori “Next Generation Asian Artist”. Mereka juga mendapatkan penghargaan kategori “1theK Performance Award” di 2015 Melon Music Awards.

EP kedua mereka, “Rush”, dirilis beberapa bulan kemudian, menjadikan Monsta X ke posisi ke-3. Tahun 2016, mereka merilis dua mini album, “The Clan, Pt. 1: Lost” dan “The Clan, Pt. 2: Guilty”. Kedua album mereka tersebut menjadi yang pertama masuk ke Billboard World Albums, masing-masing di nomor 5 dan 3.

“The Clan” ketiga dirilis pada awal tahun 2017. Berjudul “Pt. 2.5: The Final Chapter” (dan kemudian dirilis kembali dengan judul “Shine Forever”), ini memuncaki Billboard World Albums dan naik ke posisi nomor dua di tangga lagu Korea.

Tahun tersebut, Monsta X mengeluarkan EP kelima mereka, “The Code”, dan debut di Jepang dengan lagu “Hero”. Lagu tersebut diikuti dengan rilisnya “Beautiful”, yang memuncaki tangga lagu harian di Jepang.

Di tahun 2018, Monsta X menerima sebuah kehormatan untuk menjadi pembawa obor untuk acara Pyeongchang Winter Olympics sebelum menlanjutkan perjalanan mereka ke Jepang dengan merilis lagu “Spotlight”, dan merilis album “Piece”. Kembali ke Korea, mereka merilis EP berikutnya berjudul “The Connect: Dejavu” bersamaan dengan album full-length kedua mereka berjudul “Take 1: Are You There?”.

Album-album tersebut melonjak ke sepuluh besar di Heatseekers Amerika Serikat dan tangga lagu World Albums, bahkan menempati posisis nomor 24 dalam daftar Independent Albums. Mereka menutup tahun dengan menjadi grup K-pop pertama yang tampil di konser tahunan Jingle Ball di stasiun radio KIIS-FM.

Setelah tahun terobosan global mereka, Monsta X memulai tahun 2019 dengan “Take.2 We Are Here” dan kolaborasi dengan Steve Aoki, “Play It Cool.” Pada bulan Mei, mereka menandatangani kontrak dengan Epic Records dan disiapkan untuk debut berbahasa Inggris, dengan lagu berjudul “Who Do U Love?” menampilkan rapper French Montana.